The 4th ASEAN Public Relations Conference & The 4th ASEAN Public Relations Excellence Awards In Ho Chi Minh City, Vietnam

 

 

HO CHI MINH CITY, 9 September – The 4th ASEAN Public Relations Conference yang diselenggarakan oleh ASEAN PR Network (APRN), bekerja sama dengan Vietnam Public Relations Network (VNPR) dan Ho Chi Minh City Department of Tourism berhasil diselesaikan pada tanggal 8 September 2023 di Saigon Exhibition and Convention Center (SECC ), Distrik 7, Ho Chi Minh, City. Acara ini merupakan bagian dari International Travel Expo (ITE HCMC 2023).

 

Acara ini mengundang banyak pakar ternama dan perwakilan dari agensi, asosiasi dan networks di industri PR dan industri pariwisata dari negara anggota ASEAN, khususnya negara tuan rumah – Vietnam.

 

Sembilan pidato utama yang dibagi menjadi dua sesi: “Destination Marketing” dan “Viable Public Relations: Trustworthy and purposefulness to create values” telah membawa perspektif intuitif mengenai isu-isu penting saat ini dalam industri Hubungan Masyarakat & Komunikasi dan Pariwisata. Sesi 1 membawa perspektif multidimensi tentang keterkaitan antara PR dan pariwisata, serta penerapan yang sukses di pasar Vietnam. Contoh spesifik dari perwakilan Thailand, negara pionir dalam menggunakan “soft power” untuk mempromosikan pariwisata dalam dan luar negeri, atau acara “The River Tells Story” dari Ho Kota Chi Minh merupakan salah satu studi kasus yang menarik perhatian.

 

Sesi 2 membahas banyak tantangan dan peluang komunikasi dalam konteks kemajuan teknologi dan digitalisasi yang pesat. Banyak solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, membangun kepercayaan dalam hubungan digital dan menerapkan hubungan masyarakat yang berkelanjutan telah diusulkan oleh para pakar industri terkemuka.

 

Pada hari yang sama, the 4th ASEAN Public Relations Excellence Awards Ceremony dan ITE x APRN Awards Ceremony telah diselenggarakan, dengan total 16 kategori dan total 46 pemenang sudah diumumkan.

 

The 4th ASEAN Public Relations Excellence Awards diselenggarakan oleh APRN untuk menghormati dan mengakui pencapaian dalam industri PR di negara-negara anggota ASEAN. 12 kategori dengan penghargaan Bronze, Silver, Gold, dan Diamond masing-masing menunjukkan keragaman kampanye dan program yang dilakukan oleh organisasi pemerintah dan non – pemerintah, individu dan perusahaan di wilayah tersebut. Pemenang dari Indonesia antara lain:

 

 

 

 

 

  1. Outstanding PR Project – Students
  • Bronze Awards – Cozy Village, Indonesia
  • Silver Awards – Mangharcana – Batik Cibuluh, Indonesia
  1. Outstanding University / Institution In Public Relations
  • Diamond Awards – LSPR Institute of Communication and Business, Indonesia
  1. ASEAN Young Practitioner of The Year 2023
  • Silver Awards – Amelinda Fidella, Indonesia
  • Gold Awards – Khrisma Fitriasari, Indonesia
  1. Best PR Programme
  • Bronze Awards – ASTRA Infra, Indonesia
  1. Best PR Campaign
  • Bronze Awards – DBS Indonesia, Indonesia
  1. Best PR Agencies
  • Gold Awards – Image Dynamics, Indonesia
  1. Best PR Practitioner
  • Diamond Awards – Boy Kelana Soebroto, Indonesia
  1. Best Government PR
  • Diamond Awards – Bank BRI Campaign Title: UMKM EXPO(RT) BRILIAN PRENEUR 2020, Indonesia
  1. Best Communication Use of Digital Platform
  • Bronze Awards – Indosat Ooredoo Hutchinson, Indonesia
  • Gold Awards – ASTRA Life, Indonesia
  1. Lifetime Achievement Awards
  • Diamond Awards – Jahja Setiaatmadja, President Director Bank BCA Tbk, Indonesia

 

ITE x APRN Awards merupakan hasil kolaborasi antara APRN dan ITE, yang diberikan kepada organisasi dan individu dengan kontribusi luar biasa terhadap promosi destinasi dan membawa citra indah Vietnam dan Kota Ho Chi Minh ke dunia. Pemenangnya antara lain:

 

  1. International Media Agency: CNN International
  2. Vietnamese Local Media Agency: Pencil Group
  3. Travel Influencer: Quy Coc Tu/ Ngo Tran Hai An
  4. Travel Publication: Wanderlust Tips

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rangkaian acara ini merupakan kesempatan bagi para komunikator dari berbagai kawasan untuk bertemu dan bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang industri dengan cara yang baru dan inovatif serta membuka kerja sama internasional untuk masa depan.

 

Sebagai salah satu Pemimpin dan Profesional di bidang Humas, Dr. (H.C) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR mengatakan, “ Sebuah kehormatan besar, ASEAN Public Relations Network dan rekan-rekan saya dari tim Global Alliance for PR and Comm Management telah diundang menghadiri International Tourism Expo yang diselenggarakan oleh Ho Chi Minh City Department of Tourism. Dalam acara ini, kami mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara dengan topik PR and education in supporting the growth of Tourism dan bagaimana kita dapat memajukan tourism dan membangun Image ASEAN countries sebagai satu Brand. Melalui acara ini, APRN juga diundang untuk memasukkan satu rangkaian acara yaitu “The 4th ASEAN PR Excellence Awards”, dimana kami memberikan penghargaan kepada praktisi-praktisi PR baik secara individual, organisasi maupun kampanye yang berasal dari berbagai negara ASEAN. Kami sangat senang membangun persahabatan dengan Vietnam sebagai Tuan rumah dan negara-negara ASEAN lainnya dan membangun koneksi internasional.”

 

Global Alliance Chair For Asia-Pacific and President of Institute PR Malaysia, Mr. Jaffri Amin Osman mengatakan, “Konferensi PR ASEAN yang diselenggarakan oleh APRN dan VNPR ini kembali menampilkan beberapa presentasi terbaik yang berpusat pada ASEAN yang juga relevan secara budaya. Presentasi yang disampaikan oleh Presiden APRN Ibu Prita Kemal Gani, juga menekankan bagaimana ASEAN harus berdiri bersama dan menjadi kekuatan humas yang patut diperhitungkan. Selain itu, peluang networking pada Konferensi Humas ASEAN ini menjadi salah satu konferensi yang penting dan unik di kawasan ini. Salam APRN!”

 

 

 

 

 

 

 

Di Tahun 2023 ini, penghargaan khusus pada 4th ASEAN PR Excellence Awards: Lifetime Achievement Award juga diberikan untuk menghormati Praktisi ASEAN yang paling terkemuka atas kontribusi dan pencapaiannya di ASEAN, kepada Bapak Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Bapak Jahja Setiaatmadja, menyampaikan pidato singkatnya “Kepada Bapak dan Ibu yang saya hormati, khususnya kepada Dr. (H.C.) Prita selaku President ASEAN PR Network, Mr. My, Mr. Hoa selaku Deputy Director from Ho Chi Minh City Department of Tourism, dan kepada semua pemenang penghargaan ini. Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk menerima apresiasi yang besar dari APRN, dan ini adalah pertama kalinya saya mendapatkan penghargaan ini. Kalau saya memikirkan bagaimana saya bisa mendapatkan penghargaan istimewa ini, itu semua berkat dukungan seluruh karyawan BCA, dan seluruh pemangku kepentingan. Melihat ke belakang pada tahun 2011, ketika saya ditunjuk sebagai Presiden Direktur dan CEO Bank Central Asia, kapitalisasi pasar kami ‘hanya’ 22 miliar dolar. Saat ini, kapitalisasi pasar kami telah meningkat lebih dari 3 kali lipat, menjadi 74 miliar dolar. Saat ini, kami memegang kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, serta peringkat 10 di Asia. Bagaimana kita mencapainya? Apakah ada korelasi antara Humas dan prestasi kita? Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Prita, bahwa Humas berarti kinerja dan reputasi. Kita bisa melakukannya dengan baik karena kita bisa menjaga reputasi baik kita, khususnya melalui Public Relations. Selain mempromosikan produk dan layanan kami, kami secara aktif mempromosikan ESG, menjaga CSR, dan bagaimana kami memprioritaskan keselamatan pelanggan kami. Kami mengedukasi nasabah mengenai pentingnya mengamankan transaksi mereka saat bertransaksi secara digital, karena saat ini sebagian besar transaksi kami dilakukan melalui jalur digital.

Saya juga ingat apa yang disampaikan Pak Mamby tentang empati, itu sangat penting. Empati adalah landasan dasar interaksi manusia, dan hal ini memang penting bagi semua pelanggan, dan lingkungan kita. Karena ESG menjadi topik yang sedang hangat belakangan ini, saat ini aspek lingkungan hidup dan nilai-nilai sosial memainkan peran yang lebih besar dalam bisnis dan operasional Bank. Kami secara konsisten menyelenggarakan program CSR yang mencakup pendidikan, kesehatan, pelestarian budaya, serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Yang tak kalah pentingnya, kami juga membantu mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, dengan menyediakan pembiayaan ramah lingkungan dan mengoperasikan bangunan ramah lingkungan di Indonesia. Tentang Public Relations sebagai teller atau pembangun, kami harus terus-menerus memberitahu pelanggan kami tentang rencana kami untuk selalu berinovasi upaya memenuhi kebutuhan mereka. Bagian penting lainnya adalah membangun (mengambil rencana kita menjadi tindakan), memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah pekerjaan yang tidak pernah berakhir, seiring dengan berkembangnya dunia kita, dan digitalisasi yang mempercepat perubahan. Dengan melakukan ini, kami menaruh empati kepada pelanggan kami dan menjadi seperti sekarang ini. Terakhir, izinkan saya sekali lagi mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari APRN.”

 

 

 

 

 

 

Selain itu, Bapak Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra, Chairman Perhumas dan Board Member Global Alliance for PR & Communication Management, Penerima Diamond Award Kategori Best PR Practitioners menyatakan bahwa “Suatu kehormatan besar bagi saya untuk menerima Penghargaan Diamond ini dan saya dengan rendah hati berterima kasih kepada para juri dan komite ASEAN PR Network serta ASEAN PR Excellence Awards. Dengan penghargaan ini saya akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam berkontribusi bagi kemajuan industri Humas dan Komunikasi di masa depan.”

 

Mr. Nguyen Khoa My – Chairman of Vietnam Public Relations Network (VNPR) menyampaikan: “Sebagai tuan rumah negara di acara ini, merupakan tonggak sejarah yang mengesankan bagi kami untuk menghubungkan dan menciptakan nilai yang berkelanjutan, merayakan pencapaian Hubungan Masyarakat yang cemerlang di kawasan ini. Hubungan Masyarakat bukan sekedar pekerjaan, namun juga misi penting untuk meningkatkan pemahaman, kerja sama dan perdamaian di kawasan ASEAN. Semoga pencapaian luar biasa ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berupaya demi masa depan Asia Tenggara yang cerah.”

 

Mr. Le Truong Hien Hoa – Deputy Director of Ho Chi Minh City Department of Tourism menyampaikan: “Industri pariwisata Vietnam dan global sudah melakukan pemanasan secara bertahap sejak pandemi Covid19. Agar dapat menonjol dan secara efektif membangun citra Kota khususnya Ho Chi Minh dan Vietnam dan juga Asia Tenggara pada umumnya, memerlukan partisipasi banyak pihak dan khususnya strategi profesional pada komunikasi destinasi. Hal ini pula yang menjadi alasan Ho Chi Minh City Department of Tourism and ASEAN Public Relations Network – APRN bergandengan tangan dalam rangkaian acara spesial ini.”

 

 

ENDS

 

 

 

 

 

 

 

ASEAN PR NETWORK (APRN)

 

ASEAN Public Relations Network (APRN) merupakan organisasi yang berfungsi sebagai platform untuk memfasilitasi konektivitas antara para pemimpin PR, praktisi PR, pendidik PR, lembaga PR di kawasan ASEAN. APRN didirikan pada Juni 2014.

 

APRN telah memperoleh pengakuan globalnya ketika menjadi anggota Global Alliance for Public Relations and Communication Management—konfederasi asosiasi dan institusi manajemen PR dan komunikasi utama di dunia, yang mewakili 320.000 praktisi dan akademisi di seluruh dunia. APRN juga telah meluncurkan Kantor Regional Global Alliance for Asia Pacific di ASEAN PR Network Secretariat Office yang berlokasi di LSPR Institute of Communication and Business, Jakarta, Indonesia pada tahun 2019.

 

 

VIETNAM PUBLIC RELATIONS NETWORK (VNPR)

 

Vietnam Public Relations Network didirikan pada bulan Juni 2019, mengacu kepada tujuan jangka panjang untuk membangun organisasi sosial profesional yang bergengsi. Dengan organisasi ini, industri Humas akan berkembang lebih kuat, diakui dan dihormati dengan makna yang hakiki dan nilai-nilai inti yang dibawa oleh profesi ini, dalam menyikapi perubahan model Kehumasan. Humas pada periode baru, berkontribusi lebih aktif terhadap pembangunan ekonomi dan sosial.

 

 

HO CHI MINH CITY DEPARTMENT OF TOURISM

 

Ho Chi Minh City Department of Tourism adalah badan khusus resmi untuk pariwisata, di bawah arahan Ho Chi Minh City People’s Committee, yang bertanggung jawab atas administrasi pariwisata, penelitian & pengembangan, manajemen pariwisata dan perhotelan, pemasaran & promosi Kota Ho Chi Minh sebagai tujuan wisata.

 

 

Contact :

Ms. Meviola Grachiella

M: +62 877 8556 1717

T: (021) 57943802

Email : secretariat@aseanprnetwork.org

Website : aseanprnetwork.org