Era digital menciptakan segala hal yang dinamis dan kompleks, kemampuan komunikasi secara strategis menjadi kunci keberhasilan sebuah instansi dalam menghadapi masa-masa dinamis ini, terutama bagi seorang humas. Humas yang memiliki keterampilan berkomunikasi secara strategis akan mampu melakukan analisis audiens, merancang strategi komunikasi yang efektif, dan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi. 

Komunikasi strategis bagi seorang humas mencakup berbagai aspek penting. Di antaranya adalah kemampuan membangun citra dan reputasi, manajemen publikasi, melaksanakan special event, menjalin relasi baik dengan media, menjalankan kegiatan kehumasan secara strategis, merancang komunikasi internal yang efektif, serta menjalankan tanggung jawab sosial secara terencana.

Dalam mewujudkan humas yang memiliki berbagai kemampuan di atas, LSA-LSPR bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI KOMINFO) – saat ini merupakan BAKTI KOMDIGI – dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Transformative Strategic Communication. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1-4 Oktober 2024. 

Pelatihan Transformative Strategic Communication ini diikuti oleh Tim Humas dari BAKTI KOMINFO. Dengan berbagai materi yang diharapkan dapat menunjang para Tim Humas dalam melaksanakan tugasnya, pelatihan ini mengundang Drs. Benny S. Butarbutar, M.Si. yang membawakan materi Image and Reputation Building Strategy and Tactic, kemudian Mr. Tuhu Nugraha Dewanto, S.IP., M.Si. yang membawakan materi Publication Management Based on Search Engine Optimization. Pada tanggal 2 Oktober 2024, kegiatan ini dibawakan oleh Mrs. Sylvia A. Roennfeld, M.Si. yang memaparkan materi mengenai Effective Special Event dan Ms. Martha Warta Silaban, M.Si yang membawakan materi Powerful Media Relations. Hari ketiga pelatihan materi yang dibawakan adalah Strategic Public Relations yang dibawakan oleh Mrs. Yunita Permatasari, B.A., M.Si. dan materi Arrange the Impactful Internal Communication yang dipaparkan oleh Mrs. Sophia Bernadette, S.E., M.I.Kom. Hari terakhir kegiatan pelatihan Transformative Strategic Communication dibawakan oleh Mr. Nungki Nursasongko dengan materi Corporate Community & Engagement dan Corporate Social Responsibility. 

Pelatihan Transformative Strategic Communication diharapkan mampu membekali Tim Humas BAKTI KOMINFO untuk mendorong perubahan sosial dan budaya melalui analisis isu-isu penting. Kemampuan ini juga diharapkan membantu mereka merancang kampanye komunikasi yang efektif dan meminimalkan dampak negatif dari krisis demi menjaga reputasi instansi.