Kuala Lumpur, Malaysia – The 5th ASEAN PR Excellence Awards 2025 sukses digelar pada 7 Juli 2025 di Renaissance Hotel, Kuala Lumpur, bersamaan dengan KL International Public Relations Conference (KLIP). Acara prestisius ini menghadirkan tokoh-tokoh terkemuka dari seluruh Asia Tenggara, termasuk pakar kehumasan, akademisi, pemimpin bisnis, pejabat pemerintah, mahasiswa, dan wirausahawan.
Diselenggarakan oleh ASEAN Public Relations Network (APRN), acara penghargaan dua tahunan ini memberikan penghormatan kepada pencapaian terbaik dalam bidang komunikasi, strategi, dan kepemimpinan, serta menampilkan pengaruh dan inovasi praktik humas yang berkembang pesat di kawasan ASEAN.
Acara dibuka dengan sambutan penuh makna dari Dr. (H.C.) Prita Kemal Gani, Presiden APRN. Dalam sambutannya, Dr. Prita menyampaikan,
“Kita menyelenggarakan The 5th ASEAN Public Relations Excellence Awards di Kuala Lumpur bersamaan dengan Keketuaan ASEAN oleh Malaysia tahun 2025. Kami merasa terhormat menjadi bagian dari rangkaian acara penting ini. Mari kita ingat bahwa kesuksesan bukanlah tujuan akhir, tetapi perjalanan. Itu adalah perpaduan antara jam-jam kerja yang tak terhitung, ketangguhan menghadapi tantangan, komitmen tak tergoyahkan pada keunggulan, dan yang paling penting, karakter untuk selalu ingin menjadi yang terbaik.”
Mr. Tony Wenas, salah satu penerima ASEAN Lifetime Achievement Awards, menyampaikan,
“Kegiatan PR berkembang dengan sangat cepat, namun komunikasi yang autentik dan bermakna akan tetap menjadi elemen yang konstan; ia akan selalu ada tak peduli seberapa cepat perubahan terjadi. Karena itu, saya ingin menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang sangat terhormat ini dan selamat kepada seluruh pemenang serta ASEAN PR Network atas kesuksesan berkelanjutan di masa depan.”
Sementara itu, Prof. Dato’ Sri Dr. Syed Arabi, seorang akademisi terkemuka dan tokoh pembangunan institusi yang juga menerima ASEAN Lifetime Achievement Award, mengatakan,
“Acara ini telah memberikan panggung bagi Public Relations untuk bersinar dan turut berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia kehumasan.”
Acara dilanjutkan dengan penghargaan khusus kepada panel juri bergengsi yang dipimpin oleh Dr. Alexander Mamby Aruan, SE, M.Si selaku Ketua Dewan Juri The 5th ASEAN PR Excellence Awards, serta beranggotakan para profesional senior kehumasan dari kawasan ASEAN dan luar. Panel juri terdiri dari:
- Ms. Fiona Cassidy (Immediate Past President of Public Relations Institute of New Zealand)
- Ms. Ruby Wan (CEO, Wasabi Creation – Hong Kong)
- Dato’ Haji Ibrahim Abdul Rahman (Former President, Institute of Public Relations Malaysia)
- Minjung Sung, Ph.D. (Professor of Department of Advertising & Public Relations and Director, Media Centre, Chung-Ang University – Korea Selatan)
Tahun ini, penghargaan diberikan kepada para pemenang dari 16 kategori utama. Berikut adalah daftar penerima penghargaan tertinggi:
Penerima Penghargaan:
ASEAN Lifetime Achievement Awards
- Mr. Tony Wenas, Presiden PT Freeport Indonesia
- Prof. Dato’ Sri Dr. Syed Arabi Bin Syed Abdullah Idid, Ketua Dewan Akreditasi Institute of Public Relations Malaysia
ASEAN PR Social Impact Award
- Puan Farah Adura Binti Hamidi, Wakil Sekretaris Jenderal, Kementerian Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat Malaysia
ASEAN PR Statesman Award
- Mr. Boy Kelana Soebroto, Ketua Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS)
ASEAN Women of Impact Award
- Ms. Nurhayati Subakat, Pendiri Paragon Technology and Innovation (Paragon Group)
ASEAN Young Practitioner of the Year
- Gold Award: Prilly Latuconsina – Sinemaku Pictures (Indonesia)
- Silver Award: Pandu Setio – Sharp Electronics (Indonesia)
Best PR Campaign
- Diamond Award: PERHUMAS – Purposeful Influence for the Common Good – WPRF 2024 Campaign (Indonesia)
- Gold Award: Indah Water Konsortium Sdn Bhd – Celebrating 30 Years of Environmental Stewardship (Malaysia)
- Silver Award: Ardent Communications, Inc. – Spotify’s Authenticity on Aux (Filipina)
- Bronze Award: PNJ – Chỉ cần có nhau! (Vietnam)
Best Crisis Management
- Diamond Award: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) – Malaysia
- Gold Award: Maverick – Indonesia
- Silver Award: Danone Indonesia – Indonesia
Best Government PR
- Diamond Award: ASEAN International Film Festival Sarawak Team dipimpin oleh Ms. Livan Tajang – Malaysia
- Gold Award: KPK Malaysia: CPI Media Management Plan – Malaysia
- Silver Award: Pertamina Hulu Energy – Indonesia
- Bronze Award: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia – Indonesia
Excellence in PR Institution
- Diamond Award: Universiti Teknologi Mara (UiTM), Shah Alam – Malaysia
- Gold Award: Monash University – Malaysia
- Silver Award: RMIT University – Vietnam
- Bronze Award: Communication and Journalism Department, De La Salle University-Dasmariñas – Filipina
ASEAN PR Excellence Student
- Diamond Award: Eco Gang: Live Green For Green City – Vietnam
- Gold Award: ASEAN-Korea Youth Influencers Project – LSPR Institute of Communication and Business (Indonesia)
- Silver Award: Green Gen: Mentoring Eco Green Project – Vietnam
- Bronze Award: Valensia – LSPR Institute of Communication and Business (Indonesia)
Best Communication Use of Social Media
- Diamond Award: YeaH1 – Concert “Anh Trai Vuot NganChong Gai” – Vietnam
- Gold Award: KPK Malaysia – Artificial Intelligence Promotion Strategy – Malaysia
- Silver Award: Mang Inasal Nation Facebook Group: Pork BBQ Launch – Filipina
- Bronze Award: Maverick – Transformers ONE Merchandise Hunt – Indonesia
Best Communication Use of Digital Platform
- Diamond Award: Ogilvy Group Vietnam – Viet-names in Paris – Vietnam
- Gold Award: Astra International – Desa Sejahtera Astra (DSA) – Indonesia
- Silver Award: Mang Inasal’s: Pork BBQ Media Launch – Filipina
- Bronze Award: XLSmartfren – Teman UMKM – Indonesia
Best PR Agencies
- Diamond Award: EloQ – Vietnam
- Gold Award: Inke Maris & Associates – Indonesia
- Silver Award: Ardent Communications, Inc. – Filipina
- Bronze Award: PRecious Communications – Singapura
Best PR Programme
- Diamond Award: PERHUMAS – World Public Relations Forum (WPRF) – Indonesia
- Gold Award: PRecious Communications & Palo Alto Networks – AI-Focused Cybersecurity Conversations – Singapura
- Silver Award: Otsuka Group – Free TBC at Workplaces – Indonesia
- Bronze Award: Amanah Raya Berhad – CSR Campaign 2024 – Malaysia
Best PR Practitioner
- Diamond Award: Nguyen Minh Huong – Founder & CEO, Golden Communication Group – Vietnam
- Gold Award: Ameira Nur Iliany Binti Ibrahim – INTI International University – Malaysia
- Silver Award: Mr. Nguyen Van Thang Long – Associate Professor, RMIT University – Vietnam
- Bronze Award: Leidena Sekar Negari – Senior Government PR Officer, Sekretariat Jenderal DPR RI – Indonesia
Di semua kategori, para pemenang menunjukkan kreativitas luar biasa, pemikiran strategis yang tajam, dan dampak signifikan dalam bidang serta komunitas mereka. Mr. Jaffri Amin Osman, Ketua KL International PR Conference, menyampaikan,
“Penghargaan ASEAN PR Excellence bukan hanya untuk merayakan yang terbaik dari yang terbaik, tetapi juga untuk berbagi kisah-kisah kreatif di dunia PR dari seluruh negara ASEAN. Kita Serumpun. Banyak Yang Kita Boleh Pelajari Sesama Sendiri. Kita bisa bergerak maju bersama sebagai satu tim PR dan Komunikasi ASEAN yang solid.”
Para pemenang kemudian berkumpul dalam sesi foto bersama para juri dan tamu kehormatan, menandai penutupan penuh semangat dari The 5th ASEAN PR Excellence Awards.
Tentang ASEAN Public Relations Network (APRN)
ASEAN PR Network (APRN) adalah organisasi yang menjadi wadah konektivitas antara pemimpin, praktisi, akademisi, dan institusi kehumasan di kawasan Asia Tenggara. Didirikan pada Juni 2014 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia, APRN telah mendapatkan pengakuan global sebagai anggota Global Alliance for Public Relations and Communication Management, yang mewakili lebih dari 320.000 praktisi dan akademisi di seluruh dunia.
Pada tahun 2019, APRN secara resmi meluncurkan Kantor Regional Global Alliance untuk kawasan Asia Pasifik yang berlokasi di Sekretariat APRN di Jakarta.
Tentang ASEAN PR Excellence Awards
ASEAN PR Excellence Awards adalah ajang penghargaan dua tahunan yang diselenggarakan oleh APRN sebagai tolok ukur standar praktik industri kehumasan. Inisiatif khas ini hadir sebagai tanda kehormatan untuk MENGAKUI dan MERAYAKAN pencapaian terbaik dalam praktik PR. Ajang ini juga menjadi panggung untuk menyoroti keberhasilan praktisi dan agensi komunikasi terdepan di ASEAN.
Penghargaan ini diperuntukkan bagi para pelaku komunikasi yang mendefinisikan arah, menciptakan pemikiran, dan mendorong masa depan industri PR.
Kontak untuk Pertanyaan Media:
Sekretariat – ASEAN PR Network
Ms. Meviola +62 877-8556-1717 (WhatsApp)
Ms. Annisa +62 818-0756-1271 (WhatsApp)
Email:
Website:
www.aseanprnetwork.org