Rektor Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR:
Menimbang :
- a. bahwa untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang efektif dan efisien diperlukan arah pengembangan institusi yang jelas melalui visi dan misi;
- b. bahwa Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR sebagai institusi pendidikan tinggi memerlukan rumusan visi dan misi yang mencerminkan komitmen terhadap mutu pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, serta kontribusi terhadap masyarakat dan industri dalam skala nasional maupun global;
- c. bahwa sebagai penetapannya perlu dibentuk Keputusan Rektor Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR.
Mengingat :
- a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- b. Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
- c. Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- d. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
- e. Rencana Strategis Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR;
- f. Statuta Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR.
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN :
PERTAMA : Menetapkan Visi dan Misi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR. KEDUA : Visi dan Misi sebagaimana dimaksud dijadikan sebagai pedoman dan dasar dalam pelaksanaan seluruh kegiatan akademik dan non akademik, pengembangan kurikulum, program kerja unit, serta perumusan kebijakan strategis di lingkungan Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
KETIGA : Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Fakultas, Program Studi, dan Departemen terkait wajib mensinergikan rencana strategis, indikator kinerja utama (IKU), dan kegiatan tridharma perguruan tinggi berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan.
KEEMPAT : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.
No | UPPS | Visi | Misi | Tujuan |
---|---|---|---|---|
1 |
Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR |
Menjadi universitas berkelas dunia dan panutan dalam bidang komunikasi, bisnis, dan lingkungan yang inklusif, di mana inovasi, keunggulan, dan nilai-nilai membentuk pemimpin masa depan bagi masyarakat dan industri. |
|
|
2 |
Fakultas Komunikasi |
Terwujudnya fakultas panutan dalam pengembangan dan penerapan ilmu komunikasi dan desain komunikasi visual yang unggul dalam kreativitas, teknologi digital, serta mampu berdaya saing secara nasional dan global. |
|
|
Prodi Ilmu Komunikasi S1 |
Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu komunikasi program sarjana di Indonesia, dengan kajian keilmuan dan terapan yang terintegrasi teknologi digital, kreatif, berwawasan kehumasan, serta diakui secara internasional. |
|
|
|
Prodi Ilmu Komunikasi S1 PJJ |
Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu Komunikasi program sarjana berbasis pendidikan jarak jauh, dengan kajian keilmuan dan terapan yang terintegrasi teknologi digital, kreatif, berwawasan kehumasan, serta diakui secara internasional. |
|
|
|
Prodi Desain Komunikasi Visual |
Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu Desain Komunikasi Visual program sarjana di Indonesia, dengan fokus pada narasi visual lintas budaya, pemanfaatan teknologi, kontribusi kreatif global, serta diakui secara internasional. |
|
serta kebutuhan industri kreatif dan media global. 2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional yang unggul dalam desain komunikasi visual, khususnya penguasaan di bidang Film dan Desain Visual, serta mampu memanfaatkan teknologi digital sesuai dengan tuntutan industri kreatif dan masyarakat global.
|
No. | UPPS | Visi | Misi | Tujuan |
---|---|---|---|---|
3 | Fakultas Bisnis | Menjadi fakultas bisnis yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan di tingkat nasional, dan diakui secara global. |
|
|
Prodi Manajemen S1 | Menjadi pusat pembelajaran yang unggul dalam pengembangan dan penerapan ilmu manajemen dan kewirausahaan jenjang sarjana di Indonesia serta memberikan kontribusi nyata pada pembangunan ekonomi berkelanjutan dan diakui secara Internasional |
|
|
|
Prodi Pariwisata S1 | Menjadi Program Studi Pariwisata yang menjadi panutan (model) dalam pengembangan dan penerapan bisnis di sektor pariwisata Indonesia serta diakui secara Internasional |
|
|
|
Prodi Bisnis Jasa S1 | Menjadi Program Studi Bisnis Jasa yang menjadi panutan (model) dalam pengembangan dan penerapan bisnis di sektor bisnis jasa pertunjukan dan event di Indonesia serta diakui secara Internasional |
|
|
No. | UPPS | Visi | Misi | Tujuan |
---|---|---|---|---|
4 |
Fakultas Pendidikan Khusus |
Pada tahun 2040 menjadi Fakultas terkemuka dalam pengembangan dan penerapan pendidikan khusus dan desain media yang inovatif, kompetitif serta jiwa wirausaha yang berbasis inklusi berdampak internasional. |
|
|
Prodi Pendidikan Khusus S1 | Pada tahun 2040, menjadi Program Studi Pendidikan Khusus yang unggul dan berdaya saing global dalam mencetak pendidik profesional, berwawasan inklusif, komunikatif, berjiwa wirausaha, serta berkontribusi aktif dalam pengembangan ilmu melalui penelitian dan riset di pendidikan khusus |
|
|
|
Prodi Desain Media (Sarjana Terapan) |
Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Terapan Desain Media terkemuka dalam menghasilkan lulusan individu berkebutuhan khusus yang mandiri, berprestasi, memiliki daya saing dan jiwa wirausaha dalam lingkup desain media. Serta menjadi acuan cara pembelajaran yang tepat bagi mahasiswa berkebutuhan khusus dalam tingkat internasional. |
pengabdian masyarakat bagi perkembangan individu kebutuhan khusus secara global. |
menghasilkan lulusan profesional yang siap bersaing secara global.
3. Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang mampu mengintegrasikan desain media secara inovatif, unggul dalam berbagai bidang kreatif seperti Desain Grafis, Kreator Konten, Fotografi, Videografi, Ilustrasi, Multimedia, dan Animasi, dengan mengedepankan inklusivitas dan keberagaman dalam setiap karyanya. 4. Berperan dan berkontribusi global yang mendorong lulusan untuk berkontribusi secara global melalui penerapan standar internasional dalam desain media digital, serta menjalin kolaborasi dengan komunitas internasional guna menyebarkan nilai-nilai positif Indonesia dalam ranah desain global. |
No. | UPPS | Visi | Misi | Tujuan |
---|---|---|---|---|
5 |
Program Pascasarjana |
Menjadi pusat unggulan pendidikan tinggi tingkat magister dan doktor dalam bidang komunikasi yang berkelas dunia, inklusif, dan adaptif terhadap teknologi, yang melahirkan pemimpin profesional, inovatif, dan berintegritas tinggi dalam menghadapi tantangan global serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan industri. |
|
|
Prodi Ilmu Komunikasi S2 |
Mewujudkan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yang unggul danmenjadi panutan, profesional, serta berkelas dunia berdasarkan pada integritas moral tinggi, penguasaan teknologi komunikasi mutakhir, serta berpegang teguh pada nilai-nilai Budaya Indonesia. |
|
|
|
Prodi Ilmu Komunikasi S2 PJJ |
Menjadi pusat unggulan pendidikan jarak jauh dalam pengembangan dan penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mendukung komunikasi berkelanjutan yang inklusif, etis, dan berdampak global, serta berpegang teguh pada nilai-nilai Budaya Indonesia. |
|
|
|
Prodi Ilmu Komunikasi S3 |
Menjadi Program Studi yang mampu menghasilkan Doktor Ilmu Komunikasi yang unggul dan menjadi panutan dalam bidang komunikasi kepemimpinan kehumasan yang mampu memimpin perubahan dan memberikan solusi dalam bidang kehumasan dan diakui secara nasional dan internasional. |
4. Memimpin kegiatan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi kepemimpinan kehumasan yang mampu berkontribusi nyata kepada masyarakat dan dunia. |
4. Dihasilkannya teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru yang memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang komunikasi kepemimpinan kehumasan, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |