Humas atau hubungan masyarakat merupakan posisi penting bagi keberlangsungan operasional layanan sebuah perusahaan. Profesionalitas seorang Humas menjadi krusial dalam menghadapi kemungkinan terjadinya isu atau krisis dalam perusahaan. Seorang Humas yang profesional harus mampu berkomunikasi dengan efektif dalam upaya membangun citra baik perusahaan, memberikan pemahaman, menunjukkan perhatian, dan empati dalam menangani masalah pelanggan. Kemampuan ini juga yang menjadi kebutuhan bagi PT. PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sulawesi. 

LSA-LSPR turut berkontribusi dalam upaya PT. PLN (Persero) UIP3B Sulawesi untuk membentuk seorang Humas yang profesional serta karyawan yang komunikatif. LSA-LSPR berperan sebagai fasilitator dalam Pelatihan Manajemen Isu & Krisis dan Media Handling yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Mei 2023 di LSPR Institute of Communication and Business, Campus C. 

Dua materi utama dalam pelatihan ini berfokus pada penanganan isu dan krisis, serta bagaimana cara merespon media. Materi pertama mengenai Manajemen Isu dan Krisis yang dibawakan oleh Mrs. Sophia Bernadette, S.E., M.I.Kom. pada tanggal 25 Mei 2023. Selanjutnya, materi kedua membahas tentang Media Handling yang dibawakan oleh Mrs. Rizka Septiana M.Si. pada tanggal 26 Mei 2023. 

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Tim Komunikasi PLN UIP3B Sulawesi, dan pihak-pihak terkait dalam mengantisipasi serta menghadapi potensi isu maupun krisis yang terjadi dalam PT PLN (Persero).